0
https://pixabay.com/id/pi-papan-sekolah-distrik-diameter-1453836/



Peningkatan Pemahaman Konseptual Matematika


Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran karena tingkat kesulitan dalam pemahamannya. Pemahaman konseptual dalam menyelesaikan masalah matematika yang masih rendah dialami oleh siswa Menurut Dahar 1989 (dalam Mulyati Psokologi Pembelajaran 2005: 55), perlehan konsep oleh siswa ada 2 yaitu konsep kongret dan konsep yang diperoleh selama dan sesudah sekolah. Pembelajaran yang menyenangkan dapat membuat siswa memusatkan perhatiannya secara penuh pada belajarnya, sehingga dapat menghasilkan apa yang harus dikuasai oleh para siswa untuk mencapai keberhasilan belajar. Untuk itu diperlukannya model pembelajaran inovatif  dan pendekatannya yang dapat diterapkan dalam pembelajaran dalam kelas. Model pembelajaran yang inovatif itu salah satunya adalah model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R). Adapun rumusan masalah dalam penelitan tindakan kelas ini adalah “ Bagaimana cara meningkatkan pemahaman konseptual matematika melalui penerapan  model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) di MAN 2 Kota Bengkulu ? “
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konseptual matematika melalui pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R)  di MAN 2 Kota Bengkulu.
Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R)  adalah stategi membaca yang dapat mengembangkan meta kognitif siswa yaitu dengan menugaskan siswa untuk membaca bahan pelajaran secara seksama-cermat. Pemahaman Konseptual Matematika adalah pemahaman konsep yang mampu membaca situasi matematika dengan cara yang berbeda dan mengetahui representasi untuk tujuan yang berbeda pula, pada siswa tingkat pemahaman konseptual ini terkait dengan bagaimana kemampuan siswa dalam mengaitkan hubungan anatar konsep yang baru diterimanya dengan konsep yang sudah ada sehingga terbentuklah konsep matematika yang saling melengkapi. John W. Santrock (dalam Zack & tversky, 2001) mengungkapkan bahwa konsep adalah kategori yang mengelompokkan objek, kejadian dan karakteristik berdasarkan properti umum. Sedangkan  Hahn (dalam John W 2004)   konsep adalah elemen dari kognisi yang membantu menyederhanakan dan meringkas informasi. Adapun menurut Oemar Hamalik ( 2002 : 162) suatu konsep adalah merupakan kategori stimuli yang memiliki ciri-ciri umum, stimuli disini adalah objek-objek yang dibicarakan.  Flavell dalam ( Ratna Willis Dahar, 2002 : 62) menyatakan bahwa konsep-konsep dapat dibedakan menjadi 7 dimensi, yaitu : Atribut, Struktur, Keabstrakan, Keinklusifan,Generalitas,Ketepatan dan Kekuatan. Menurut Bell (Elfa Yuleni, 2014 : 14)  menjelaskan konsep dapat diartikan sebagai suatu ide abstrak tentang suatu objek atau kejadian yang dibentuk dengan memandang sifat-sifat yang sama dari sekumpulan objek, sehingga orang dapat mengelompokkan atau mengklasifikasikan objek. Menurut Soedjadi (1991 dalam Ratna Willis 2006)  konsep adalah ide abstrak yang dapat digunakan untuk menggolongkan atau mengklasifikasikan sekumpulan objek, apakah objek tertentu merupakan contoh konsep atau bukan contoh. Menurut Mulyati (dalam Psikologi Belajar, 2005 : 54) Dalam proses belajar konsep , konsep-konsep yang digunakan adalah konsep-konsep yang memiliki nilai spesifik, konsep konjungtif dan disjungtif konsep.
Model pembelajaran  Survey,Question, Read, Recite, Review (SQ3R) merupakan pembelajaran yang dapat dikembangkan meta kognitif siswa, yaitu dengan menugaskan siswa untuk membaca bahan ajar secara seksama dan cermat. Menurut Ngalimun (2012 ; 171) adapun sintaks model pembelajaran Survey,Question, Read, Recite, Review (SQ3R) adalah:
1.      Survey , yaitu siswa mencermati buku pelajaran yang sesuai dengan materi dan menandai yang merupakan konsep penting materi tersebut.
2.      Question, yaitu siswa dapat membuat pertanyaan (mengapa-bagaimana-darimana) tentang materi pelajaran yang dubacanya.
3.     Read,yaitu dengan membaca materi pelajaran dan cari jawaban yang dari permasalahan
4.      Recite, yaitu mempertimbangkan jawaban yang sudah didapat.
5.      Review, yaitu dengan meninjau ulang kebenaran dari jawaban yang diperoleh.
Menurut Hamzah B. Uno (dalam Belajar pendekatan PAILKEM 2011 : 116) karakteristik model pembelajarn SQ3R adalah sebagai berikut : Siswa berperan aktif dalam pembelajaran, Guru sebagai fasilitator dan mediator yang aktif, pembelajaran dibentuk dalam kelompok-kelompok kecil dan guru sebagai pembimbing, siswa dihadapkan pada satu fenomena dan kemudian diminta untuk mensurvei hal-hal pokok yang terdapat dalam  fenomena yang diahadapi, siswa menyelidiki makna yang terkandung dalam suatu fenomena atau kejadian dengan berpedoman pada hal-hal pokok yang telah disurvei terlebih dahulu..
Hasil penelitian Isma Hasanal, 2010 menyimpulkan bahwa pemaahaman konsep yang diajarkan dengan metode SQ3R lebih tinggi dibandingkan dengan pemahaman konsep  yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan SQ3R mempengaruhi hasil belajar. Hasil penelitian Cahyo Heny Meiliani, 2015 menyimpulkan bahwa pada hasil belajar metode SQ3R menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik dibandingkan dengan metode Role Playing maupun pembeljaran konvensional. Nila Kusumawati 2008 menyimpulkan bahwa pemahaman konsep merupakan kemahiran atau kecakapan matematika yang diharapkan dapat tercapai dalam pembelajaran matematika yang diarahkan pada kemampuan koneksi matematika antar berbagai konsep. Mimi Umayah. 2015 menyimpulkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar matematikasiswa yang terlihat dari skor hasil belajar siswa yaitu 66,46 % menjadi 80,40 %. dimana siswa memberikan respon positif terhadap metode pembelajaran SQ3R yang dapat dilihat dari jurnal respon siswa pada saat belajar yaitu dari 61,12 % meningkat menjadi79,86 %. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai target yang ingin dicapai.

Contoh Pelatihan Nge-Blok
Gambar Kenangan Ja-Tim Park

Heading
Subheading

Minorheading

Normal 
https://pixabay.com/id/pi-papan-sekolah-distrik-diameter-1453836/



Posting Komentar

 
Top